Kamis, 03 Januari 2013

QS Al-A'raf: 16-17

Bismillaah...
"cara iblis menggoda manusia"
Iblis akan mendatangi manusia dari segala penjuru. Seperti dlm firman ALLAH QS Al-A'raf:16-17 yg artinya:
"iblis menjawab: 'karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar2 akan (menghalang-halangi) mereka (manusia) dari jalan Engkau yg lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari depan & belakang mereka, dari kanan & kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (ta'at)'.
Ibnu Abbas menafsirkan ayat tsb sbg berikut:
'...dari arah depan...' yakni 'aku akan membuat mereka ragu thd akhiratnya'
'...belakang...' yakni 'aku buat mereka mencintai dunia mereka'
'...kanan...' yakni 'aku akan memberikan pemikiran rancu thd agama mereka'
'...dan dari kiri mereka' yakni 'aku akan membuat mereka menyukai maksiat'.
Diantara yg banyak trdapat di al-Qur'an adlh ungkapan bahwasanya manusia merupakan makhluk yg sulit berterima kasih/ bersyukur. & ini adlh bukti pekerjaan syaitan.
-pengertian syaithan-
Al-syaithan mnurut pngertian hakiki adlh makhluk Allaah. Sedang pengetian maknawinya adlh suatu sifat/ watak yg jauh dr kebaikan & berlawanan dgn wahyu/ ajaran Tuhan. Sifat ini bs ditemukan pd diri manusia & jin. Sbgmna sabda Rasulullaah kpd Abu Dzarr, "wahai abu dzarr! Berlindunglah kamu dr setan2 manusia & jin". Lalu Abu Dzarr bertanya, "apakah manusia memiliki setan2?" Rasulullaah menjawab, "Ya".

Sumber: Facebook of Maria Ulfa Rohmati (Rahma160496@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar