1. Metode penafsiran al-Quran dengan cara
memberikan penjelasan yang lebih mendetail disebut…
a. Muqarran
b. Isyarat
c. Muadhu’i
d. Ijmali
e. Tahlili
2. وَجَاء
رجل
من أقص المدينة يسعى
Kata
yang bergaris bawah merupakan bentuk nakirah yang bermakan…
- Laki-laki Satu
- Laki-laki banyak
- Laki-laki berkelompok
- Laki-laki satu yang mewakili kelompok
- Laki-laki banyak yang mewakili satu
3.
Yang dimaksud dengan kalimat
yang bergaris bawah adalah…
- Bahwa fungsi air hujan air hujan diantaranya adalah untuk kehidupan
- Bahwa fungsi air hujan adalah untuk menghidupkan bumi yang telah gersang
- Bahwa fungsi air hujan adalah untuk minuman bagi manusia
- Bahwa fungsi air hujan adalah untuk menambah debit air laut
- Bahwa fungsi air hujan adalah untuk menunjukkan kebesaran Allah SWT
4. Allah menciptakan lebah yang dapat menghsilkan
madu,
, yang fungsinya
adalah…
a. manusian
dapat minum obat
b. manusia adapat merasa senang
c. manusia dapat mudah memperoleh madu
d. madu mengandung obat bagi manusia
e. madu minuman yang bergizi
5. Perhatikan ayat
berikut!
(هود:77)
Marja’
kalimat “بِهِمْ”
yang kedua ditujukkan kepada ….
- nabi Luth
- tamu Nabi Luth
- istri Nabi Luth
- kaum Nabi Luth
- anak Nabi Luth
- Di bawah ini ayat yang terkait dengan etos kerja adalah…
-
a. )النساء: 105)
b. )الإسرأ: 29)
c. )الإسرأ: 27)d. (الجمعة: 9)e. (الجمعة: 10)
7. Contoh ayat yang
qira’ahnya shahihah adalah ....
-
لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلا مِنْ رَبِّكُمْ فِيْ مَوَاسِمِ الحَجِّ (البقرة: 198)مُتَّكِئِينَ عَلَى رَفَارِفَ خُضْرٍ وَعَبْقَرِيٍّ حِسَانٍ (الرحمن: 76)يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ ( الجمعة: 9)مَلَكِ يَوْمِ الدِّينِ ( الفاتحة:4)لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفَسِكُمْ ( التوبة: 128)
8.
Arti dari ayat di atas adalah…
a. Dan
ajaklah kerabatmu yang dekat
b.
Dan berilah kabar
gembira keluargamu
c.
Dan berilah peringatan kepada manusia
d. Dan
ajaklah semua manusia ke jalan Tuhan-Mu
e. Dan
berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat
9. Paman Nabi yang
mencela saat Nabi mengumpulkan kaum Quraisy di bukit Shafa adalah ...
a. Abu Huraih
b. Abu Thalib
c. Abu Lahab
d. Abu Sufyan
e. Abu Darda’
10. Potongan ayat yang
isinya Allah memerintah Nabi untuk merendahkan diri kepada orang yang
telah mengikuti ajarannya adalah ...
a.
b.
c.
d.
e.
11. Yang dimaksud dengan فَلْيُغَيِّرْهُ
بِيَدِهِ
dalam potongan hadits Rasul adalah...
a. ubahlah dengan
kekerasan
b. ubahlah dengan harta
c. ubahlah dengan doa
d. ubahlah dengan kekuasaan
e. ubahlah dengan meninggalkan.
12. Yang secara bahasa memiliki makna “perantara”
adalah…
a. Nuzul
b. Bahsu
c. Mausul
d. Naqlu
e. Qira’atu
13. Di bawah ini contoh kitab tafsir bil Ma’tsur,
kecuali…
a. Jami’ul bayan fi tafsirial-Quran
b. Tafsir al-Quran al-Adzim
c. Mafatihu al-Ghaib
d. Ad-Durru al-Manshurfi Tafsiri bil Ma’tsur
e. Bahrul ‘Ulum
14. Contoh kitab tafsir bil Ra’yi di bawah ini
adalah…
a. Fathu al-Qadir
b. Al-Jawahiru al-Hasan fi tafsir al-Quran
c. Ma’alimu Tanzil
d. Al-Kasyfu wa al-Bayan
e. Ruhu al-Ma’ani
15. usaha pemikiran manusia dalam menggali rahasia
antara hubungan antar ayat atau surat yang dapat diterima oleh akal
adalah definisi…
a. ilmu
hadits
b. ilmu munasabah
c. ilmu tafsir
d. ilmu ushul fiqh
e. ilmu kalam
16. Surah al-Kafirun ayat 1-6 menegaskan adanya
larangan bertoleransi antar umat beragama dalam hal…
a. Musyawarah
b. Aqidah
c. Silaturrohmi
d. Mu’amalah
e. Hukum
17. Perhatikan ayat
berikut!
(البقرة:
159)
Berdasarkan
ayat tersebut langkah-langkah penyelesaian perselisihan adalah ….
- memaafkan yang bersalah dan mengadili yang melawan, bersemangat
- menjalankan hasil, musyawarah, menindak pihak yang bersalah
- lemah lembut, musyawarah, dan tawakkal
- menerima kenyataan, pasrah pada kenyataan, melakukan tindakan refresif
- menempuh jalur hukum dan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang ada
18.
Maksud
dari potongan ayat dari QS. Al-Hujurat: 9 adalah…
- Orang yang paling terhormat di sisi Allah adalah yang berjasa
- Orang yang paling terhormat di sisi Allah adalah yang berkuasa
- Orang yang paling terhormat di sisi Allah adalah yang bertaqwa
- Orang yang paling terhormat di sisi Allah adalah yang berilmu
- Orang yang paling terhormat di sisi Allah adalah yang berprestasi
19. Perhatikan potongan QS. Al-Mujadilah: 11 di
bawah ini:
Janji
Allah kepada orang yang beriman dan berilmu sebagiamana ayat di atas
adalah….
a. diberi rizki yang banyak
b. Diberi pahala yang banyak
c. Ditinggikan derajatnya
d. Diberi kemudahan jabatan
e. Diberi karunia yang lebih
20. Lafadz الألباب
dalam al-Quran selalu di
tulis dalam bentuk…
a. Mutsanna
b. Mufrad
c. Jama’
d. Tatsniyah
e. Muannats
21. Metode ijmali adalah cara penafsiran al-Quran
secara…
a. Komparatif
b. Analisa
c. Pemahaman
d. Garis besar
e. Topik
- Pengertian tafsir secara istilahi menurut mufasirin adalah...
a. ilmu yang membahas tata bahasa dan asbabun
nuzul kalamullah
b. ilmu
yang digunakan untuk menelusuri ayat-ayat hukum
c.
ilmu yang digunakan untuk
mengungkap kerahasiaan kalamullah
d. ilmu
yang membahas tentang al-Quran dari segi petunjuknya sesuai dengan
maksud Allah menurut kemampuan manusia
e. ilmu
yang membahas tentang al-Quran dari berbagai dimensi yang memiliki
kepastian kebenarannya
23. Pengertian ta’wil
secara lughawi yang paling tepat adalah ...
a. al-Ya’lu
b. al-Dhammu
c. al-Ruju’
d. al-Hidayah
e. al-Fahmu
24. Pengertian ta’wil
menurut istilah ulama’ muta’akhirin adalah...
a. merubah lafadz dari makna yang rajih (benar)
kepada makna yang marjuh (dianggap paling benar) karena adanya dalil
yang menyertainya
b. menjelaskan makna kalam baik secara dzahirnya
sesuai atau tidak
c. merubah nash-nash yang menyerupai kitab Allah
dan sunnah dari dzahirnya pada makna yang sesuai dengan maksud Allah
d. menggantikan lafadz-lafadz al-Quran yang secara
maknawiyah sesuai dengan kehendak Allah
e. mengungkap kedalaman makna yang secara dzahir
lafadz sulit untuk dicari pengertian yang sesuai dengan kehendak
Allah.
25. Syarat-syarat
menta’wil menurut ulama’ sebagaimana tersebut dibawah ini,
kecuali…
a. ta’wil
diperkenankan terhadap lafadz yang kategori bisa dita’wil
b. perubahan
terhadap lafadz harus didasarkan pada dalil yang shahih
c.
lafadz yang dita’wil
merupakan wilayah lafadz yang mengandung ta’wil
d. penta’wil
telah memenuhi persyaratan untuk dibolehkannya ta’wil
e.
penta’wil harus memahami perubahan bahasa dari masa ke masa
26. Diantara sahabat
yang sangat berjasa terhadap penulisan al-Quran saat ayat-ayat
diturunkan adalah ...
a. Ubay bin Ka’ab
b. Ibnu
Mas’ud
c. Ibnu Abba
d. Abu Hurairah
e. Zaid bin Tsabit
27. Perhatikan
ayat berikut!
(يوسف
:31)
Lafadz
(بشرا)
pada ayat memiliki kemiripan makna dengan lafadz lain ….
- برحا
- إنسان
- بصر
- بطلا
- برهان
28. Dalam
suatu komunitas muslim harus ada sekelompok masyarakat intelektual
yang melakukan aktifitas pembinaan atau pemberdayaan masyarakat/amar
ma’ruf nahi munkar. Ayat yang sesuai dengan pernyataan di atas
adalah...
-
a.
(النسآء: 9)
b.
(الشعراء:215)
c.
(التوبة:122)d.
(النحل:125)
e.
(أل عمران:104)
- Perhatikan ayat berikut!
(البقرة:44)
Intisari
makna dari ayat di atas adalah ….
- beribadah dengan ikhlas
- bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah
- menunaikan amanah dengan baik
- berbuat baik dimulai dari diri sendiri
- meninggalkan maksiat
30. Maksud dari kata
اَلْأَمَنَاتِ
dalam QS. An-Nisa’:58 menurut
Imam Maraghi adalah...
a. sesuatu yang harus dijaga dan harus disampaikan
kepada haknya
b. bertanggungjawab terhadap apa yang telah
dibebankan padanya
c. tidak mengabaikan apa yang menjadi
tanggungjawabnya
d. memberikan sesuatu sesuai kadar dan tingkat
kebutuhan
e. mengemban sepenuh jiwa dan hanya untuk Allah
31. Arti dari kata بَغَتْ
dalam QS.
Al-Hujurat:9 menurut Imam al-Maraghi adalah
- Aniaya
- Kasar
- Dusta
- Kikir
- Sombong
32. perhatikan ayat
berikut!
Sabab
nuzul dari ayat berikut adalah ….
- Keterlambatan turunya wahyu
- Nabi tidak melakukan sholat dhuha
- Nabi tidak melakukan sholat Ied
- Nabi meninggalkan sholat malam
- Nabi terlambat sholat shubuh
33. Gambaran yang tepat atas nilai keadilan
adalah…
a.
memberikan sesuatu sesuai dengan haknya
b.
meletakkan sesuatu sesukanya
c.
mengubah sesuatu dari tempatnya
d.menempatkan sesuatu sesuai kepentinganya
e. menjauhkan sesuatu dari tempatnya
34. Manfaat langsung yang dirasakan oleh orang
yang jujur dalam setiap tutur katanya adalah…
a. akan mendapatkan keuntungan dalam hidupnya
b. akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda
c. akan mendapatkan kepercayaan dari banyak orang
d. akan mendapatkan ketenangan dan surga
e. dapat merasakan ketenteraman dan ketenangan
35. Nama lain dari tafsir bil Ma’tsur adalah…
a. Tafsir bil Ra’yi
b. Tafsir bil Aqli
c. Tafsir bil Riwayah
d. Tafsir bil Ijtihad
e. Tafsir bi Dirayah
36. Penyebab disusun
atau dikumpulkannya al-Quran adalah banyaknya sahabat yang hafal
al-Quran wafat saat perang Yamamah tahun 12 H. pengumpulan itu atas
usulan sahabat...
a. Abu Bakar
b. Umar ibn Khattab
c. Utsman ibn Affan
d. Ali ibn Abi Thalib
e. Zaid ibn Tsabit
37.
Kodifikasi tafsir pada periode ketiga tepatnya pada masa
kekhalifahan…
a. Umar bin Abdul Aziz
b. Harun al-Rasyid
c. Mu’awiyah Ibn Abu Sufyan
d. Ja’far Shadiq
e. Abdurrohman al-Masry
38. Penulisan
kitab-kitab tafsir secara khusus telah dimulai pada periode keempat.
Yang mula-mula menyusun kitab tafsir tersendiri adalah al-Farra’
dengan karyanya.....
a. Ma’aniy al-Quran
b. Jami’ul Bayan
fi Tafsiri al-Quran
c.
Mafatihul Ghaib
d.
al-Manar
e. ‘Ruhul
Ma’aniy
39. Yang mengumpulkan
imam-imam qiraat menjadi 7 macam bacaan mutawatirah adalah....
a. Imam as-Syatibi
b. Imam Abu Ruwaim
c. Imam Mujahid
d. Imam Syihab al-Makhzumi
e. Imam Khalid al-Mazaniy
40. Bacaan qiraat yang
mayoritas dipakai oleh ulama’ Indonesia adalah riwayat...
a. Syu’bah dari Ashim al-Kufi
b. Hafs bin al-Mughirah dari Ashim al-Kufi
c. Hisyam dari Ibnu Amir as-Syami
d. Ibnu Dakwan dari Ibnu Amir as-syami
e. Khalaf bin Hisyam dari Hamzah al-Kufi
- Bacaan qiraat yang sah untuk bacaan shalat adalah....
- Qiraat mutawatir
- Qiraat syadz
- Qiraat maudlu’
- Qiraat mudraj
- Qiraat ahad
-
Kalimat
yang bergaris bawah merupakan bentuk fi’il amar namun memiliki
makna…
- wajib
- sunnah
- mubah
- makruh
- haram
- Kalimat dalam QS. Al-Baqarah: 172 menggambarkan bahwa makanan yang harus dikonsumsi adalah sebagai berikut, kecuali....
- Makanan yang baik dan higienis
- Makanan yang mengandung gizi
- Makanan yang nikmat dan halal
- Makanan yang menyehatkan
- Makanan yang mahal
-
Maksud
dari potongan ayat di atas adalah….
- Seseorang dibolehkan memakan makanan yang haram jika disukai
- Seseorang boleh memakan makanan yang diharamkan jika hanya sedikit
- Seseorang tidak berdosa saat memakan daging babi untuk obat
- Seseorang tidak berdosa memakan barang yang diharamkan jika dlarurat
- Seseorang diperkenankan memakan barang yangdiharamkan jika bersama-sama
45.
Pengertian
menurut Imam Qurthubi adalah…
- Tidak merampok dan tidak berambisi
- Tidak menyenangi dan menikmati
- Tidak berlebihan dan tidak bermusuhan
- Tidak sampai kenyang
- Tidak menganggapnya halal
46. Ayat
yang berhubungan dengan penggunaan
akal pikiran adalah ....
-
a.
( فاطر:27)b.
( النحل: 68)c. ( فصلت : 52)d.
( البقرة: 22)e.
(المؤمن: 28)
- “Memindahkan teks dari bahasa asal ke bahasa lain tanpa ada penjelasan makna bahasa asli” adalah pengertian…
- Ta’wil
- Tafsir
- Terjemah
- Maknawiyah
- Lafdziyah
- Terjemah terdiri dari dua macam, yaitu...
- Harfiyah dan lafdziyah
- Maknawiyah dan tafsiriyah
- Tafsiriyah dan ta’wiliyah
- Harfiyah dan ma’nawiyah
- Lafdziyah dan jaliliyah
- Pengertian tafsir secara lughawi yang paling tepat di bawah ini adalah...
a. Al-nur
b. Al-dliya’u
c. Al-Idhah
d. Al-musykil
e. Al-Sahlu
50. ولايأتون
بمثل الاجئناك بالحق وأحسن تفسيرا,
maksud dari kalimat yang bergaris
bawah menurut Imam Zarkasyi adalah…
- menampakkan
- menampilkan
- mengeluarkan
- menyembunyikan
- membedakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar